Kondisi yang di perbolehkan untuk bertayamum

Hai pembaca…  kita kembali lagi..

Kemarin aku sempet posting tentang tayamum kan??? Nah gimana sudah baca kan??

Sekarang aku mau kasih informasi lagi mengenai apa aja sih alasan yang diperbolehkan unutk kita agar bisa melakukan tayamum..

Ayo kita lihat..

Ø  Alasan yang di perbolehkan untuk melakukan Tayamum :

  • Dalam perjalanan jauh

Jika kita berada dalam perjalanan jauh dan kita berada didalam kendaraan pda waktu ynag cukup lama. Maka, kita diperbolehkan untuk melakukan tayamum di dalam kendaraan . dengan cara menepuk kedua tangan pada kursi mobil/bus misalnya.

  • Jumlah air tidak mencukupi karena jumlahnya sedikit

Jika kita di kondisi sulit air, ada air tetapi hanya sedikit saja, contohnya hanya ada air untuk minum maka islam memberikan toleransi. Air yang tersedia silahkan digunakan untuk minum saja. Dan kita diperbolehkan untuk tayamum.

  • Telah berusaha mencari air tapi tidak diketemukan

Jika kita ingin bersuci usahakan cari dulu air, jika memang kondisinya sangat tidak ada air, maka baru diperbolehkan untuk bertayamum

  • Air yang ada suhu atau kondisinya mengundang kemudharatan

Misalnya kita sedang berada di gunung, dan air yng ada disana sangat dingin sekali suhunya. Dan jika kita tetap berwudhu dengan air itu maka akan terjadi sesuatu pada tubuh kita misalnya gatal-gatal, merah-merah dan sebagainya. Maka diperbolehkan untuk melakukan tayamum.

  • Air berada di tempat yang jauh yang dapat membuat telat shalat
  • Pada sumber air yang ada memiliki bahaya
  • Sakit dan tidak boleh terkena air

Nah teman teman itu adalah alasannya…

Jika kalian berada di salah satu kondisi itu maka diperbolehkan tayamum….

Continue Reading

Apa itu “TAYAMUM”

Apa itu “Tayamum”???

Hai teman-teman kali ini aku mau kasih sedikit pengetahuan tentang bersuci dengan selain mmenggunakan air atau biasa di sebut berwudhu. Jadi sekarang kita mau bahas tayamum.

Sebelumnya kita harus tau apa itu tayamum…

Ada yang tahu? … mari kita lihat..

Tayamum adalah pengganti wudhu yang tadinya seharusnya menggunakan air bersih digantikan dengan menggunakan tanah atau debu yang bersih. Yang boleh dijadikan alat tayamum adalah tanah suci yang ada debunya. Dilarang bertayamum dengan tanah berlumpur dan bernajis. Alat untuk bertayamum adalalah Pasir halus, pecahan batu . Orang yang melakukan tayamum lalu shalat, jika tiba tiba sudah tersedia air maka ia tidak wajib mengulang sholatnya. Namun untuk menghilangkan hadas, harus tetap mengutamakan air daripada tayamum yang wajib hukumnya bila sudah tersedia. Tayamum untuk hadas hanya bersifat sementara dan darurat hingga air sudah ada. Tayamum yang telah dilakukan bisa batal apabila ada air dengan alasan tidak ada air atau bisa menggunakan air dengan alasan tidak dapat menggunakan air tetapi tetap melakukan tayamum serta sebab musabab lain seperti yang membatalkan wudu dengan air.

Apa itu “Tayamum”???

Hai teman-teman kali ini aku mau kasih sedikit pengetahuan tentang bersuci dengan selain mmenggunakan air atau biasa di sebut berwudhu. Jadi sekarang kita mau bahas tayamum.

Sebelumnya kita harus tau apa itu tayamum…

Ada yang tahu? … mari kita lihat..

Tayamum adalah pengganti wudhu yang tadinya seharusnya menggunakan air bersih digantikan dengan menggunakan tanah atau debu yang bersih. Yang boleh dijadikan alat tayamum adalah tanah suci yang ada debunya. Dilarang bertayamum dengan tanah berlumpur dan bernajis. Alat untuk bertayamum adalalah Pasir halus, pecahan batu . Orang yang melakukan tayamum lalu shalat, jika tiba tiba sudah tersedia air maka ia tidak wajib mengulang sholatnya. Namun untuk menghilangkan hadas, harus tetap mengutamakan air daripada tayamum yang wajib hukumnya bila sudah tersedia. Tayamum untuk hadas hanya bersifat sementara dan darurat hingga air sudah ada. Tayamum yang telah dilakukan bisa batal apabila ada air dengan alasan tidak ada air atau bisa menggunakan air dengan alasan tidak dapat menggunakan air tetapi tetap melakukan tayamum serta sebab musabab lain seperti yang membatalkan wudu dengan air.

Continue Reading

MY EXPERIENCE IN CAWU 1

First, i come to BEC ( Bogor EduCARE) with my parents. and i so amazed to look that green building in front of me. I was thinking about that and  i think that not univercity because that looks so small. so different with anoother univercity. But i am so interested with garden at the centre of that building. That so green and make a beautifull view.

And first day i came in BEC i was stay in dormitory. And i have a new room in 1.6 room. In that room i met with friend. Like a Susi Wulandari, Zainab,Lutvi,Medina, and Tri Wulandari. And i’m so enjoyed it.

And in firs day in univercity i was  began MOM (Masa Orientasi Mahasiswa) and in MOM i was met with my new friend, and i’m so happy because in gugus “BRAVE” i was meet again with my roommate like a susi, zainab, and Tri  wulandari. And in gugus we learn about BEC, like a  what is BEC? What is progam i BEC? Punishment in BEC and everything about BEC. And in MOM i have new experience like a met some student from different territory in Indonesia. So far with Bogor like a Lombok, Jawa, Bandung,Purbalingga and any others. I have met

 

Continue Reading

Review Bedak Pixy UV Whitening Two Way Cak

Kalau menurut aku, orang indonesia itu pake bedak yang warnanya adalah Natural dan Light Caramel, kalau kulit kalian cenderung kemerahan, coba pake yang Natural Cream, kalau kulit kalian cenderung kusam, coba pake yang Natural Peach dan kalau kulit kalian cukup exotis .

 

Untuk daya covering, menurut aku produk Pixy Two Way Cake ini Medium keren bangett sih, , soalnya daya menutupi nya tinggi banget. Jadi pixy two way cake ini adalah gabungan bedak dengan foundation.

Oleh karna itu kalo kita pakai produk ini ga perlu pakai tambahan –tambahan foundation lagi. Dan ini cocok banget buat kalian girls yang ga suka ribet bawa bawa foundation.

 

Setelah aku pake kelihatan banget kalo muka aku kaya pakai bedak + foundation , ga berminyak, ga kusam juga, pokoknya aku suka banget deh sama bedak ini. Apalagi pilihan-pilihan warnanya bener bener cocok banget buat orang indonesia. Tapi tips dari aku kalo mau pake produk ini pilih warna yang tepat sama kulit kalian ya girls…

 

Yang penting adalah, berapa harganya?

Sangat terjangkau saudara-saudara! cukup 46.000 untuk kemasan yang besarnya dan 27.000 untuk kemasan yang refil.

 

Murah banget kannnn……

 

Continue Reading

Review Liquid Lipstik Wardah Nude

Hai girls….

Kali ini aku mau membahas liquid lipstick dari Wardah. Sebelumnya aku udah nyobain lipstick matte Wardah yang terbaru. Warnanya nude banget..

 

Lip cream ini mantap sekali, sekali oleh bisa langsung menutupi warna asli bibirku. Teksturnya juga menurutku pas, tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental

Tapiiii, aku sarankan kamu memakai lip balm sebelum menggunakan lip cream ini. Karna kalo kita pakai lipquid lipstik  ini tanpa lip balm hasilnya akan kering banget, bisa sampai pecah-pecah juga.. Biar ga terasa lengket, sebelum bener-bener kering usahain bibirnya jangan ditutup dulu ya, dibiarin agak terbuka dikit aja biar bibir bagian atas sama bawah ga menyatu gitu hehe..

Intinya aku suka banget sama lipuid lipstiknya wardah ini, warnanya nude banget yang bisa lebih aman untuk menunjang penampilanku setiap hari.

 

Continue Reading

Tips Menentukan arah kiblat ketika di gunung

Nah munkin ini adalah kendala yang biasa kita hadapi ketika di gunung.

Yaitu menentukan arah kiblat. Mungkin selama ini kita ragu apakah solat kita ketika berada di gunung itu menghadap arah yang benar atau salah. Nah berikut ini adalah tips nya…..

Ada beberapa cara menentukan arah kiblat :

  • Cara termudah gunakan kompas/GPS
  • Lihat kalau ada kuburan, biasanya kalau Islam kuburannya menghadap barat. Di   beberapa gunung di Jawa, di puncak gunung terdapat kuburan. Namun terkadang di kawasan tertentu di Jawa, kuburan ada yang menghadap utara-selatan.
  • Perhatikan tumbuhan lumut yang banyak terdapat di gunung. Lumut biasa hidup di daerah yang minim mendapatkan cahaya matahari, oleh karena itu kebanyakan lumut akan hidup di daerah yang menghadap ke arah barat.
  • Rasi Bintang Orion (Bintang Waluku/Bajak/Belantik) untuk arah Barat. Ini adalah rasi paling mudah dikenali. Ciri khasnya adalah tiga buah bintang yang terang, saling berdekatan dan dalam satu garis lurus. Tiga bintang itu disebut sabuk orion. Satu garis yang menghubungkan tiga bintang itu bisa dijadikan petunjuk arah kiblat

 

Continue Reading

Tips diet sehat tanpa efek samping part 2

  1. Ketiga, Program Diet Menjadi Hobi Baru Bukan Menjadi Beban

saya yakin ketika pertama kali menjalankan diet, pasti anda memiliki perasaan yang berat untuk menjalankannya. Itu terjadi akibat perubahaan pola makan yang lebih teratur dan menghiindari seperti junk food yang mungkin merupakan makanan favorit anda. Seperti burger, pizza, soda dan lainnya. Namun, ketika diet tersebut di jalankan karena anda ingin sehat dan bebas dari penyakit. Saya yakin, diet tidak lagi menjadi beban melainkan menjadi hobi baru yang menyenangkan.

 

  1. Keempat, Mengkonsumsi Air Putih Secara Teratur

Minum air putih minimal 8 gelas sehari akan memberikan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Hindari air dingin, dan konsumsi air hangat setiap harinya juga mampu membantu menurunkan berat badan. Minum air putih hangat setiap pagi setelah bangun tidur mampu mendetox dan membuang racun dalam tubuh. Untuk diet usahakan minum 1500 mili liter air setelah bangun tidur dan rasakan manfaatnya.

 

  1. Kelima, Olahraga Ringan Sebagai Prinsip Cara Diet Yang Benar

Biasakan untuk berolahraga di pagi, siang dan sore hari. Sebab dengan olahraga proses metabolisme tubuh akan berjalan maksimal. Usahakan rutin hanya sekedar jalan kaki ataupun naik sepeda.

Continue Reading

Tips Diet Sehat Tanpa Efek Samping

 

Tips diet sehat tanpa efek samping

 

Hai girls, apa kabar? Ketemu lagi di blog aku.. sekarang mau kasih beberapa tips buat diet sehat tanpa efek samping..

Cara yang harus di lakukan yaitu :

 

  1. Pertama, Membuat Jadwal Program Diet

Merencanakan kapan di mulainya dan di akhirinya diet adalah salah satu jurus ampuh agar dapat konsisten menjalankan program diet yang anda jalankan. Tetapi Karena jadwal diet merupakan cara diet yang benar karena dengan dibuatnya jadwal, maka segala sesuatunya dapat berjalan dengan semestinya.

Selain itu anda juga dapat mengatur makanan atau minuman yang di konsumsi dalam sehari. Mulai dari sarapan, makan siang, hingga menu makan malam. Dengan mematuhi jadwal diet yang dibuat, maka program diet untuk menurunkan berat badan dari 3 hari, seminggu hingga sebulan dapat berjalan dengan lancar.

 

  1. Kedua, Menentukan Makanan Sehat

Banyak orang yang bilang bahwa semua makanan adalah sehat selama tidak berlebihan mengkonsumsinya. Memang benar, namun untuk menurunkan berat badan, ada jumlah makanan yang sebaiknya anda hindari atau dikurangi porsinya. Hal yang paling harus anda perhatikan ketika melakukan diet untuk menurunkan berat badan secara praktis dan sehat adalah mengkonsumsi makanan nabati serta tidak mengandung lemak jenuh.

cara diet yang baik untuk mengurangi bobot dalam tubuh atau mencegah obesitas sebaiknya anda menjalankan diet layaknya seorang vegetarian. Yaitu perbanyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi dan berprotein tinggi seperti telur, kedelai, ikan dan kacang-kacangan menjadi pilihan yang tepat sebagai sumber energi.

Perbanyak konsumsi air putih atau infused water untuk menjaga kesegeran tubuh. Selain juga jangan lupa perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan. Buah yang bagus di konsumsi saat diet adalah buah yang mengadung banyak air. Seperti semangka, apel, jeruk, pir, jambu air dll.

 

 

Tips diet selanjutnya di postingan selanjutnya ya sis…

Continue Reading

Semeru- Merbabu I’m in Love

                                                                                  Nama saya anisa citra priyatin. Saya adalah seorang wanita yang memiliki hobi jalan. Atau istilah kerennya orang bilang itu travelling…

Saya sangat senang ketika mengunjungi tempat tempat  yang berbau bau alam. Atau  “back to nature” istilahnya hehe..

Mendaki gunung,  climbing , berenang di kolam alami ( curug) hehe… , dateng ke hutan gitu.. ke pantai  dan lain-lain lah…

Pokoknya saya suka melakukan hal yang bunda saya bilang ekstrim…                                                                                       (padahal engga)

Entah,,, mungin bunda terlalu khawatir karna saya anak perempuan..

Saya tidak tau kenapa, dan tidak tau kapan saya memiliki hobi seperti ini.  Yang  pasti saya sangat senang dan merasa sangat terbebas dari masalah masalh yang saya hadapi ketika saya mengunjungi tempat tempat yang indah itu..

Dan saya minta doanya ya teman-teman..

Doakan tahun 2019 saya bisa dan di perboilehkan mendaki gunung semeru dan merbabu.

Karna tidak tau kenapa sejak awal melihat foto puncak mahameru saya JATUH CINTA hehe..

In fact,semeru-merbabu i’m in love….

Continue Reading

Tips Cantik untuk Pendaki Gunung Wanita Berhijab :)

  1. Yakinkan diri, jangan ada sedikitpun pemikiran negatif sebelum Kamu memutuskan mendaki gunung

Saya tahu, untuk urusan ibadah itu adalah nomor satu, jangan berpikir Kamu tidak bisa melakukan ibadah di gunung. Bahkan dalam agama juga telah diajarkan untuk tayamum untuk menggantikan wudhu, nothing imposible. Kamu hanya perlu berjalan hingga akhir untuk bisa menemukan keindahan di gunung yang akan Kamu daki.

Sebagai seorang wanita yang berjilbab, awalnya, saya pikir saya akan menemukan banyak keribetan saat harus menunaikan kewajiban saya di gunung, tapi kenyataannya, saya selalu menemui kemudahan di manapun dan kapanpun. Be possitif.

  1. Persiapkan fisikmu untuk bisa sampai ke Puncak Gunung

Setelah tekadmu bulat, jangan lupa melatih fisikmu sebelum hari H mendaki. Persiapan fisik sangat penting untuk beradaptasi di gunung, karena nantinya Kamu akan terus berjalan berkilo-kilo meter menyusuri hutan dan padang sabana. Jangan langsung berpikiran fisikmu tak mungkin kuat dengan rintangan-rintangan itu, dulu saya juga merasa demikian. Namun, dengan hasil latihan fisik, saya merasa seperti sedang di mall dengan pemandangan super indah yang semakin membuat saya semangat.

Cobalah joging 2-3 kali memutari lapangan sepak bola setiap 2 hari sekali sebelum hari H pendakianmu. Jika tidak ada banyak waktu, setidaknya sempatkanlah jogging sekali sebelum mendaki.

  1. Jangan lupa persiapkan alat mendakimu

Yap, Kamu pasti selalu bertanya-tanya alat apa saja yang harus dibawa saat naik gunung bukan? Nah, peralatan mendaki sendiri dibagi menjadi dua macam, peralatan pribadi dan peralatan kelompok.

Untuk peralatan pribadi sendiri biasanya terdiri dari baju ganti, make-up(?), sleeping bag, minuman, snack kesukaan, obat pribadi, survival kit, tisu basah dan beberapa potong hijabmu tentunya. Nah, untuk peralatan kelompok biasanya terdiri dari tenda, logistik (makanan kelompok:beras, sayuran, lauk pauk), alat masak, p3k, dan matras.

  1. Sertakan teman Lelaki yang Kamu percaya untuk memandu pendakian

Saya tahu Kamu tipe wanita yang akan merasa canggung jika harus berdekatan dengan lelaki, namun tak ada salahnya Kamu memilih beberapa teman lelaki yang Kamu percaya untuk memandu perjalananmu. Jangan lupa sertakan beberapa teman wanitamu untuk memecah suasana hening saat perjalanan.

Ini pasti akan menjadi perjalanan mendaki yang sangat sempurna bersama teman-temanmu.

  1. Takut Hijabmu Kusut? Coba cara packing ini

Nah ini yang paling penting dan sangat di permasalahkan oleh kaum kite hhe…

Karna kalo hijab kusut rasanya ituuuuuuuu gimana gitu ya…

Kaya penampilan kita ga pperfect gitu kaya ada yang kurang aja.

Nah ini adalah tipsnya :

Kamu bisa menggulung hijabmu di dalam ransel. Usahakan jangan tempatkan hijabmu di bagian paling bawah ranselmu, karena ini bisa membuat hijabmu kusut.

Selalu usahakan membuangkusnya dalam plastik, begitupun baju gantimu. Karena cuaca di gunung tidak bisa di tebak. Jika tiba-tiba hujan, Kamu bisa melindungi

  1. Kostum mendaki yang cocok mendakimu itu pakaian yang menyerap keringat, tapi menghalau udara dingin

Sejatinya, Kamu bisa memilih beberapa pakaian untuk mendaki yang juga sering digunakan oleh kebanyakan orang. Yap, saya tahu Kamu bukan orang-orang yang memakai pakaian yang sembarangan. Kamu bisa memilih ukuran kostum mendakimu, tidak usah khawatir terlihat beberapa onjolan yang tidak perlu menonjol.

Yang terpenting adalah Kamu harus memilih pakaian khusus mendaki yang bisa menyerap keringat dan menghalau dingin. Karena biasanya Kamu akan tiba-tiba dingin ketika baru memulai mendaki, jangan langsung memakai jaket karena nantinya Kamu akan merasa sangat berkeringat setelah berjalan. Ini gunanya kostum mendaki yang perlu Kamu tahu, jadi jangan sembarangan membawa baju yang sering Kamu pakai untuk mendaki.

  1. Lindungi tanganmu dengan sarung tangan

Selain bisa membuatmu terlindung dari udara yang dingin di gunung, ini cocok untuk Kamu menutup aurat, bukan? Kamu harus bawa ini!

  1. Bawa slayer, ya!

Yap, setiap wanita ingin tetap cantik saat mendaki, termasuk Kamu pastinya. Menurut saya, slayer adalah peralatan mendaki untuk wanita hijab yang harus dibawa. Kamu bisa melindungi debu-debu yang beterbangan saat Kamu mendaki.

  1. Bingung mau buang air? Tenang saja, Kamu bisa lakukan cara ini

Wanita selalu tidak ingin jauh-jauh dari kamar mandi. Kamu pasti bingun harus ke mana jika ingin sekali ke belakang dan buang air. Solusi nyatanya, Kamu hanya tinggal ke semak-semak dan membawa tisu basah.

Bawa serta teman wanitamu untuk berjaga-jaga, ya! Semua masalah bisa diatasi, Kamu tidak perlu khawatir merasa ingin buang air saat mendaki.

 

Continue Reading